RILIS ARTIKEL TERBARU :

TWRP Redmi Note 8 Ginkgo, Install TWRP Redmi Note 8, Pasang Redmi Note 8, Download TWRP Redmi Note 8 Ginkgo, Panduan TWRP Redmi Note 8, Tutorial cara TWRP Redmi Note 8, WZSX TWRP Redmi Note 8, TWRP Redmi Note 8 Bootloop, Solusi TWRP Redmi Note 8 Ginkgo

Jika sebelumnya, seri lini Redmi Note 7 dan keluarganya telah sukses dipasaran, maka kini pihak Xiaomi melalui Sub-Brand resminya, yaitu Redmi, kembali merilis seri terbaru dari variant Redmi Note dengan seri Redmi Note 8.

Seperti yang kalian ketahui, Produsen Smartphone Xiaomi itu memang piawai dalam membuat dan menjual sebuah Smartphone Android berkualitas, tetapi dengan harga yang terjangkau, sehingga hampir semua variant Smartphone Android dari Xiaomi, baik itu untuk Brand utama pada seri Xiaomi Mi dan Sub-Brand nya Redmi.

Pasti selalu mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat, karena spesifikasi yang digunakan memanglah tidak main-main, apalagi seperti yang akan kita bahas kali ini, yaitu adalah seri Redmi Note 8.

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, Redmi Note 8 ini merupakan sebuah Smartphone Android suksesor dari seri sebelumnya, yaitu Redmi Note 7, hadir dengan beragam keunggulan dengan fitur kekinian seperti menggunakan Chipset Qualcomm Snapdragon terbaru dan juga sudah mendukung kemampuan Quad (4) Kamera dengan beragam fungsi.

Sehingga, untuk Smartphone Android dikelas menengah, tampaknya variant Redmi Note 8 ini cukup banyak mendapatkan perhatian, karena pesona yang dimilikinya, baik secara fisik ataupun spesifikasi.

Sejatinya, pihak Xiaomi itu merilis 2 buah variant pada seri Redmi Note 8 tersebut, yaitu adalah seri Reguler dan seri Pro dengan spesifikasi yang lebih tinggi, yaitu adalah Redmi Note 8 Pro.

Jika, kalian memang sulit untuk membedakan kedua buah seri Smartphone ini, lebih baik pelajari dulu perbedaan dari kedua buah seri ini, pada perbandingan spesifikasi dibawah ini :


Kenapa kami menganjurkan untuk melihat perbandingan tersebut? karena pada dasarnya Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro itu berbeda, baik dari Device Info ataupun Spesifikasinya.

Karena, pada artikel yang akan kita bahas kali ini, hanya akan khusus untuk membahas variant Reguler saja, sehingga cara dibawah ini tidak bisa diterapkan pada seri Redmi Note 8 Pro.


Khusus untuk pengguna Redmi Note 8 (Ginkgo)


Baiklah, agar tidak salah, maka disini kami akan perjelas lagi, bahwa Tutorial Cara Install TWRP ini hanya diberlakukan khusus untuk seri Smartphone Android Redmi Note 8 dengan Codename Ginkgo saja.

Sehingga, sekali lagi cara yang akan kami sampaikan dibawah ini, tidak diperuntukan untuk Smartphone Android lain, khususnya Redmi Note 8 Pro, karena sudah jelas File TWRP yang digunakan itu berbeda source.

Sehingga, jangan sampai kalian salah baca dan memahami artikel ini, baiklah setelah kalian paham, bahwa kalian memang sedang menggunakan Smartphone Android Redmi Note 8 (Ginkgo) dan sedang mencari TWRP yang bisa digunakan, maka kalian sudah berada ditempat yang tepat.

Tetapi, sebelum itu apakah kalian tahu apa itu TWRP?

Mungkin pembahasan ini tidak diperlukan lagi, jika kalian memang sudah mengenal TWRP tersebut, tetapi nampaknya Informasi ini bisa bermanfaat untuk pengguna awam, maka akan kami jelaskan sedikit terkait TWRP tersebut.


Apa itu TWRP di Redmi Note 8?


Baiklah, ini adalah informasi pelengkap saja, seperti yang kalian ketahui, OS Android itu sejatinya memang bisa menggunakan sebuah Tool Maintenance yang kerap disebut dengan Recovery.

Sejatinya, Smartphone Android Redmi Note 8 tersebut memang sudah dibekali Tool Recovery secara default dan nama dari Tool Recovery tersebut adalah Mi Recovery, lalu apa yang dimaksud dengan TWRP?

Disinilah perbedaannya, jika Mi Recovery itu adalah Stock Recovery (Bawaan), maka TWRP itu adalah jenis Custom Recovery yang bisa kalian Install sesuka hati kalian, karena pada dasarnya Mi Recovery itu memang dibuat dengan kemampuan yang terbatas.

Sehingga, disini kalian memerlukan sebuah Custom Recovery yang lebih Powerful yang bisa digunakan untuk beragam hal, disinilah TWRP tersebut akan sangat berguna dan terlihat sangat hebat dibandingkan Mi Recovery.

Jadi, jika kita artikan, maka TWRP disini adalah sebuah Custom Recovery yang akan kita pasangkan untuk mengganti (Replace) Mi Recovery (Stock) untuk tujuan penggunaan yang lebih luas.

Lalu, seperti apa sih maksud manfaat dari penggunaan TWRP tersebut? apakah memang sehebat itu?


Fungsi & Kegunaan TWRP


Melanjutkan pembahasan diatas, pada penjelasan sebelumnya kami memang menyinggung terkait penggunaan yang lebih luas.

Maksudnya adalah terkait dengan Fungsi dan Kegunaan yang lebih kaya dari Stock Mi Recovery, yaitu adalah sebagai berikut :


  1. Tool Recovery Professional
  2. Bisa untuk menerapkan ROOT
  3. Bisa untuk melakukan Advanced Wipe (Factory Reset)
  4. Bisa menggunakan kemampuan USB Storage (MTP)
  5. Dapat digunakan untuk menginstal Custom ROM
  6. Dapat digunakan untuk mengupdate ROM MIUI
  7. Dapat digunakan untuk melakukan Flash file berjenis Image (.img)
  8. Memiliki kemampuan layar sentuh
  9. Memiliki Fitur penggantian Themes
  10. Memiliki Opsi Reboot ke beragam Mode
  11. Bisa mengeksekusi beragam Script dan Mod
  12. Menjadi sebuah Custom Recovery paling Populer dan Terbaik selama bertahun-tahun


Nah, dari beberapa Point diatas, bisa kalian simpulkan sendiri, bahwa sejatinya TWRP ini memang memiliki banyak kelebihan dari Stock Recovery Redmi, yang memang hanya diperuntukan untuk fungsi Upgrade ROM saja.

Maka, wajar jika banyak pengguna Smartphone Android lain yang memang menyukai TWRP dibandingkan dengan Stock Recovery.

Karena, banyak permintaan terkait Cara Install TWRP di Redmi Note 8 tersebut, maka disini kami akan buatkan Tutorial tersebut agar mudah untuk kalian terapkan dan ikuti.

Lalu, apakah ada kekurangan dari TWRP tersebut?

Pada faktanya, hampir tidak ditemukan kekurangan dalam hal terkait TWRP tersebut, selebihnya yang kalian dapatkan hanyalah keuntungan saja.

Tetapi, perlu digaris bawahi, TWRP tersebut harus dibuat dengan Prosedur yang benar, oleh tangan para terampil yang sudah terpercaya, seperti TWRP yang akan kami bagikan dibawah ini, tidak usah diragukan lagi dari mana sumbernya, karena TWRP tersebut datang dari sumber terpercaya yang dibuat oleh developer handal.

Namun, sebelum kita masuk pada pembahasn utama kita, disini ada beberapa persyaratan yang harus kalian penuhi, jika ingin menggunakan TWRP di Smartphone Android Redmi Note 8 tersebut.

Persyaratan dibawah ini mutlak harus kalian penuhi, apa saja persyaratn tersebut? silahkan ikuti dengan teliti dan pastikan sama dengan apa yang kami jelaskan dibawah ini.


Unlock Bootloader Redmi Note 8


Ini adalah syarat paling utama, jika kalian memang ingin menggunakan TWRP di Redmi Note 8 yang kalian miliki, karena TWRP ini baru bisa digunakan ketika Smartphone Android Redmi Note 8 itu sudah berada dalam kondisi Unlock Bootloader.

Sejatinya, secara default Redmi Note 8 itu dijual dalam kondisi Locked Bootloader, sehingga kalian harus melakukan metode Unlocking untuk mendapatkan kondisi yang sudah disyaratkan tersebut, karena dalam metodenya.

Pemasangan, TWRP ini baru bisa dilakukan ketika Smartphone Android Redmi Note 8 sudah memiliki kemampuan Fastboot yang hanya bisa didapatkan ketika sudah mencapai kondisi Unlock Bootloader.

Maka, silahkan lakukan Unlock Bootloader dulu jika belum, untuk tutorialnya, silahkan ikuti perintah dibawah ini :



Fastboot Driver


Selanjutnya, perlu kalian ketahui, bahwa pada metode ini kita akan melibatkan media pendukung lain, yaitu adalah Perangkat Komputer, dalam kasus ini kita akan menggunakan PC / Laptop dengan OS Windows.

Dalam metodenya sendiri, kita disini akan membutuhkan sebuah File khusus yang bernama Fastboot Driver, maka silahkan gunakan 1 dari beberapa Fastboot Driver yang sudah kami sediakan dibawah ini :


Setelahnya, langsung saja letakan / install Fastboot Driver tersebut ke PC / Laptop Windows yang kalian gunakan sekarang ini.


Redmi USB Driver


Karena disini kita menggunakan Perangkat Komputer, maka pastinya disini kita butuh sebuah Driver USB khusus, agar koneksi dari Redmi Note 8 yang kalian sambungkan dari Kabel USB bisa terbaca dengan baik pada OS Windows.

Sebenarnya, scene ini hanya bersifat optional saja, kalian bisa saja lanjut ke persyaratan berikutnya, hanya saja disini tetap kami sertakan, karena ada beberapa kondisi dimana koneksi dari Redmi Note 8 tersebut tidak bisa terbaca pada OS Windows.

Maka, untuk solusinya, kalian harus menginstall Redmi USB Driver tersebut pada OS Windows, selain itu lebih baik kalian Installkan saja, untuk berjaga-jaga, jika nanti mungkin akan terjadi sesuatu yang tidak terduga.



Fastboot Mode


Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, metode ini mengharuskan kalian untuk menggunakan kemampuan Fastboot untuk bisa menginstall TWRP pada Redmi Note 8, maka dengan demikian disini kalian harus membuat Redmi Note 8 kalian masuk ke dalam Mode Fastboot.

TWRP Redmi Note 8 Ginkgo, Install TWRP Redmi Note 8, Pasang Redmi Note 8, Download TWRP Redmi Note 8 Ginkgo, Panduan TWRP Redmi Note 8, Tutorial cara TWRP Redmi Note 8, WZSX TWRP Redmi Note 8, TWRP Redmi Note 8 Bootloop, Solusi TWRP Redmi Note 8 Ginkgo

Secara default, semua Smartphone Android dari Xiaomi ataupun Redmi itu memang memiliki Mode Fastboot yang bisa diakses kapan saja, sehingga dalam pemasangan TWRP ini, kalian harus membuat Redmi Note 8 masuk kedalam Mode Fastboot.

Jika, tidak tahu caranya, silahkan ikuti tutorialnya dibawah ini :



File TWRP


Inilah hal yang paling penting pada tutorial kita kali ini, yaitu adalah File TWRP yang akan menjadi bahan utama pada tutorial kali ini.

Silahkan Download File TWRP untuk Redmi Note 8 melalui Link Download dibawah ini :


Setelahnya, silahkan letakan didalam Folder Fastboot Driver dan Rename File TWRP yang sudah kalian Download tersebut, menjadi twrp.img seperti ini :

TWRP Redmi Note 8 Ginkgo, Install TWRP Redmi Note 8, Pasang Redmi Note 8, Download TWRP Redmi Note 8 Ginkgo, Panduan TWRP Redmi Note 8, Tutorial cara TWRP Redmi Note 8, WZSX TWRP Redmi Note 8, TWRP Redmi Note 8 Bootloop, Solusi TWRP Redmi Note 8 Ginkgo

Perlu kalian ketahui, TWRP yang digunakan pada kesempatan kali ini adalah versi Unofficial dan dibuat oleh Team yang memang sudah Profesional dan handal, yaitu adalah Team WZSX dan para Developer Individual pada Forum Redmi Note 8.

Secara default, TWRP ini menggunakan bahasa China khusus untuk yang TWRP versi WZSX, sehingga kalian perlu mengubah bahasa pada TWRP tersebut nantinya setelah di Install ke Redmi Note 8 yang kalian miliki, karena TWRP ini juga sudah Support dengan bahasa Inggris.

Meski bersifat Unofficial, faktanya TWRP ini sudah Stable dan tidak memiliki Bugs yang berarti, sehingga akan sangat Powerful untuk digunakan secara normal seperti biasanya.

Jika, nantinya ada versi Official dari TWRP yang sudah rilis untuk seri Redmi Note 8, maka akan kami Update secepatnya.


File DM-Verity (No-Verity Encrypt)


Selanjutnya, ada sebuah File yang teramat penting penggunaanya yang harus kalian pasangkan / flash setelah TWRP tersebut terpasang pada Redmi Note 8 tersebut.

Karena, biasanya setelah pemasangan TWRP, maka Smartphone Android Redmi Note 8 akan mengalami Bootloop, maka disinilah fungsi dari File DM-Verity tersebut, yaitu untuk menghindari atau mengatasi masalah Bootloop tersebut.

Sehingga, silahkan Download File DM-Verity dibawah ini dan langsung saja letakan pada Internal Storage Redmi Note 8, pada tempat atau lokasi yang mudah untuk kalian temukan nantinya.



Kondisi Ideal dalam pemasangan TWRP


Ini adalah hal yang juga harus kalian perhatikan, jika ingin memasangkan TWRP pada Smartphone Android Redmi Note 8 yang kalian miliki, karena kondisi ini juga merupakan sebuah faktor krusial yang akan menentukan sukses atau tidaknya pemasangan TWRP tersebut pada Redmi Note 8.

Maka, sebisa mungkin kalian harus bisa memenuhi, kondisi Ideal dibawah ini :


  1. Kapasitas Battery minimal 50%
  2. Menggunakan Kabel Data bawaan (OEM) atau yang kualitasnya baik
  3. Pastikan Port USB tidak gangguan
  4. Pastikan File TWRP yang didownload diatas tidak Corrupt
  5. Pastikan semua persyaratan diatas sudah kalian penuhi dan ikuti


Jika, kondisi Ideal diatas sudah dapat kalian penuhi, maka sekarang ini kalian sudah siap untuk bisa memasangkan TWRP pada Smartphone Android Redmi Note 8.


Cara Pasang TWRP di Redmi Note 8 (Ginkgo)



  1. Hubungkan Redmi Note 8 (Mode Fasboot) ke PC / Laptop Windows dengan Kabel USB.
  2. Setelahnya buka aplikasi Command Prompt (CMD) pada PC Windows dan lokasikan ke Folder Fastboot, silahkan itu cara dibawah ini untuk shortcut atau cara cepatnya :
  1. Selanjutnya, untuk menginstall TWRP silahkan masukan perintah ini pada jendela CMD :
fastboot flash recovery twrp.img
  1. Jika, muncul Status Okay, maka kalian sudah berhasil untuk memasangkan TWRP pada Redmi Note 8.
  2. Selanjutnya, silahkan masuk ke Mode TWRP dengan memasukan perintah ini :
fastboot boot twrp.img
  1. Secara otomatis Redmi Note 8 kalian akan reboot dan akan masuk ke Mode TWRP.
  2. Jika sudah masuk ke Mode TWRP, segera Flash File DM-Verity yang telah kalian Download sebelumnya.
  3. Setelah proses Flash File DM-Verity selesai, lakukan Reboot.
  4. Booting pertama biasanya cukup lama, bisa memakan waktu hingga 15 menit atau lebih.
  5. Done! selamat menikmati TWRP pada Redmi Note 8



Cara lain?


Mungkin ada sebagian dari kalian yang akan menanyakan hal ini, maka sebaiknya kami jawab saja terlebih dahulu, apakah ada cara lain selain menggunakan metode diatas?

Sebenarnya ada dan masih ada beberapa metode lainnya, tetapi cara diatas yang kami jelaskan tersebut, ialah cara yang paling mudah untuk kalian lakukan atau kalian ikuti, meskipun kalian adalah pengguna baru atau awam.

Namun, kami juga akan bersikap wajar, jika pada kondisinya kalian tidak memiliki media pendukung seperti PC / Laptop, maka dengan demikian kalian bisa mencoba menggunakan metode Install TWRP lain yang bisa kalian pilih dan ikuti melalui beberapa panduan didalam halaman dibawah ini :


Namun, kami tegaskan sekali lagi, sebenarnya cara yang paling mudah untuk memasangkan TWRP Recovery pada Redmi Note 8, memanglah dengan menggunakan cara yang sudah kami jelaskan diatas.

Tetapi, disini kalian masih tetap memiliki pilihan untuk bisa menggunakan opsi lainnya, dari halaman panduan yang telah kami bagikan diatas, intinya lakukan semuanya dengan teliti dan benar, karena masing-masing Cara Install TWRP itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, begitu pula dengan resikonya.

Dengan demikian, berakhirlah sudah pembahasan terkait Tutorial Cara Install TWRP di Redmi Note 8 (Ginkgo) tersebut, kami kira penjelasan kami diatas sudah sangat jelas dan sudah bisa dipahami oleh pengguna awam sekalipun.

Hanya saja, disini kami tekankan sekali lagi, pastikan semua hal yang telah kami sebut dan jelaskan diatas, dapat kalian ikuti sepenuhnya dan bisa kalian lakukan dengan teliti dan benar, agar resiko kegagalan dapat diminimalisir sekecil mungkin.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semoga tutorial ini bisa berhasil untuk kalian dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot