RILIS ARTIKEL TERBARU :

TWRP Redmi 8A Olivelite, Install TWRP Redmi 8A, Pasang Redmi 8A, Download TWRP Redmi 8A Olivelite, Panduan TWRP Redmi 8A, Tutorial cara TWRP Redmi 8A, Unofficial TWRP Redmi 8A, TWRP Redmi 8A Bootloop, Solusi TWRP Redmi 8A Olivelite

Redmi 8A adalah sebuah variant baru dari keluarga Redmi 8 yang belakangan telah resmi dijual ditanah air kita ini, dengan datangnya variant baru dari Redmi 8A ini, tentu saja kita sebagai konsumen akan lebih diuntungkan.

Karena kita bisa mendapatkan sebuah Smartphone Android Branded dengan harga yang murah dan telah dijual secara resmi di Indonesia, sehingga jelas saja, jika kalian menggunakan Smartphone Android Redmi 8A tersebut.

Kalian tidak akan terkena kebijakan pemerintah yang akan memberhentikan dukungan layanan jaringan Signal Operatorn Seluler, karena pada dasarnya Redmi 8A memang sudah secara resmi masuk dan dijual kepasar Indonesia secara Legal.

Menariknya lagi, Smartphone Android Redmi 8A ini adalah Smartphone Android varoant Redmi 8 yang paling murah harganya dan secara khusus menyasar kelas Segmentasi Level Entry-level, sehingga dengan harga 1 jutaan bahkan kurang dari itu, maka kalian sudah bisa membawa Smartphone Android satu ini pulang kerumah.

Karena ini adalah Produk dari Brand Xiaomi melalui Sub-Brand Redmi, tentu saja segala keistimewaan yang ada di Smartphone Android buatan Xiaomi dan juga Redmi, akan bisa kalian rasakan manfaatnya pada Redmi 8A tersebut, sebut saja seperti dukungan versi OS Android terbaru dan juga dukungan Custom ROM resmi Xiaomi terbaru yaitu MIUI 11.

Semua hal ini bisa kalian dapatkan di Smartphone Android dengan harga yang sangat terjangkau tersebut, selain itu dari Spesifikasi pun Redmi 8A juga tidak terlalu jelek, malahan menjadi salah satu yang paling terbaik dikelasnya.

Mengapa tidak? Smartphone Android Redmi 8A ini dibekali dengan Chipset yang lumayan bertenaga, hasil kamera yang cukup bagus dan yang terpenting desain dari Smartphone Android ini memang tidak biasa untuk bisa kalian temukan dikelas Entry-level, itulah point yang menggoda dari Smartphone Android terbaru dari variant Redmi 8A tersebut.

Sama seperti Smartphone Android Xiaomi atau Redmi kebanyakan, komunitas di Smartphone Android Redmi 8A ini juga telah tumbuh kian membesar, sehingga sekarang ini ada banyak hal yang bisa kalian terapkan pada Smartphone satu ini.

Salah satu hal paling menarik yang bisa kalian temukan sekarang ini, ialah pada kenyataannya pada Redmi 8A tersebut, kalian sudah menggunakan Custom Recovery paling terkenal dan paling terpercaya, yaitu adalah TWRP.

Nah, inilah yang akan menjadi pembahasan utama kita kali ini, karena disini kami akan menyertakan Tutorial untuk Cara Install TWRP pada Redmi 8A.


Tutorial ini khusus untuk pengguna Redmi 8A


Sebelum itu, harus kami tegaskan, bahwa TWRP yang akan kami bagikan dibawah ini, memang hanya khusus diperuntukan untuk pengguna Redmi 8A saja dan tidak bisa digunakan di Smartphone Android Redmi 8.

Meski, sama-sama dari keluarga Redmi 8 Series, pada faktanya seri Reguler dari Redmi 8 dan Redmi 8A itu sangat berbeda dari Device Info dan Konfigurasi Firmware yang digunakan.

Sehingga, kalian tidak boleh salah dalam mengidentifikasi Smartphone Android yang akan menjadi object utama pembahasan kita kali ini.

Mudahnya, kalian bisa mengetahui Redmi 8A itu memiliki Codename Olivelite dan seri Reguler Redmi 8 itu memiliki Codename Olive.

Jika, dilihat dari Spesifikasi memang benar, kedua Smartphone Android ini memang terlihat sangat familiar, tetapi jika dilihat dari Desain-nya, maka akan terlihat sangat berbeda, untuk lebih jelasnya silahkan lihat Perbandingan dan Perbedaan Redmi 8 dan Redmi 8A, pada halaman yang sudah kami tulis dibawah ini :


Setelah kalian yakin bahwa Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang adalah Redmi 8A, maka kalian sudah bisa untuk mengikuti Tutorial yang akan kami bagikan dibawah ini.

Namun, jika kalian adalah seorang pengguna awam atau baru, maka lebih baik kalian pelajari dulu apa yang akan kita lakukan disini dan cari tahu apa sih untungnya untuk kalian, jika kalian melakukan cara yang akan kami sampaikan dibawah ini.


Apa itu TWRP di Redmi 8A?


Baiklah, ini adalah informasi pelengkap saja, seperti yang kalian ketahui, OS Android itu sejatinya memang bisa menggunakan sebuah Tool Maintenance yang kerap disebut dengan Recovery.

Sejatinya, Smartphone Android Redmi 8A tersebut memang sudah dibekali Tool Recovery secara default dan nama dari Tool Recovery tersebut adalah Mi Recovery, lalu apa yang dimaksud dengan TWRP?

Disinilah perbedaannya, jika Mi Recovery itu adalah Stock Recovery (Bawaan), maka TWRP itu adalah jenis Custom Recovery yang bisa kalian Install sesuka hati kalian, karena pada dasarnya Mi Recovery itu memang dibuat dengan kemampuan yang terbatas.

Sehingga, disini kalian memerlukan sebuah Custom Recovery yang lebih Powerful yang bisa digunakan untuk beragam hal, disinilah TWRP tersebut akan sangat berguna dan terlihat sangat hebat dibandingkan Mi Recovery.

Jadi, jika kita artikan, maka TWRP disini adalah sebuah Custom Recovery yang akan kita pasangkan untuk mengganti (Replace) Mi Recovery (Stock) untuk tujuan penggunaan yang lebih luas.

Lalu, seperti apa sih maksud manfaat dari penggunaan TWRP tersebut? apakah memang sehebat itu?


Fungsi & Kegunaan TWRP


Melanjutkan pembahasan diatas, pada penjelasan sebelumnya kami memang menyinggung terkait penggunaan yang lebih luas.

Maksudnya adalah terkait dengan Fungsi dan Kegunaan yang lebih kaya dari Stock Mi Recovery, yaitu adalah sebagai berikut :


  1. Tool Recovery Professional
  2. Bisa untuk menerapkan ROOT
  3. Bisa untuk melakukan Advanced Wipe (Factory Reset)
  4. Bisa menggunakan kemampuan USB Storage (MTP)
  5. Dapat digunakan untuk menginstal Custom ROM
  6. Dapat digunakan untuk mengupdate ROM MIUI
  7. Dapat digunakan untuk melakukan Flash file berjenis Image (.img)
  8. Memiliki kemampuan layar sentuh
  9. Memiliki Fitur penggantian Themes
  10. Memiliki Opsi Reboot ke beragam Mode
  11. Bisa mengeksekusi beragam Script dan Mod
  12. Menjadi sebuah Custom Recovery paling Populer dan Terbaik selama bertahun-tahun


Nah, dari beberapa Point diatas, bisa kalian simpulkan sendiri, bahwa sejatinya TWRP ini memang memiliki banyak kelebihan dari Stock Recovery Redmi, yang memang hanya diperuntukan untuk fungsi Upgrade ROM saja.

Maka, wajar jika banyak pengguna Smartphone Android lain yang memang menyukai TWRP dibandingkan dengan Stock Recovery.

Karena, banyak permintaan terkait Cara Install TWRP di Redmi 8A tersebut, maka disini kami akan buatkan Tutorial tersebut agar mudah untuk kalian terapkan dan ikuti.

Lalu, apakah ada kekurangan dari TWRP tersebut?

Pada faktanya, hampir tidak ditemukan kekurangan dalam hal terkait TWRP tersebut, selebihnya yang kalian dapatkan hanyalah keuntungan saja.

Tetapi, perlu digaris bawahi, TWRP tersebut harus dibuat dengan Prosedur yang benar, oleh tangan para terampil yang sudah terpercaya, seperti TWRP yang akan kami bagikan dibawah ini, tidak usah diragukan lagi dari mana sumbernya, karena TWRP tersebut datang dari sumber terpercaya yang dibuat oleh developer handal.

Namun, sebelum kita masuk pada pembahasn utama kita, disini ada beberapa persyaratan yang harus kalian penuhi, jika ingin menggunakan TWRP di Smartphone Android Redmi 8A tersebut.

Persyaratan dibawah ini mutlak harus kalian penuhi, apa saja persyaratn tersebut? silahkan ikuti dengan teliti dan pastikan sama dengan apa yang kami jelaskan dibawah ini.


Unlock Bootloader Redmi 8A


Ini adalah syarat paling utama, jika kalian memang ingin menggunakan TWRP di Redmi 8A yang kalian miliki, karena TWRP ini baru bisa digunakan ketika Smartphone Android Redmi 8A itu sudah berada dalam kondisi Unlock Bootloader.

Sejatinya, secara default Redmi 8A itu dijual dalam kondisi Locked Bootloader, sehingga kalian harus melakukan metode Unlocking untuk mendapatkan kondisi yang sudah disyaratkan tersebut, karena dalam metodenya.

Pemasangan, TWRP ini baru bisa dilakukan ketika Smartphone Android Redmi 8A sudah memiliki kemampuan Fastboot yang hanya bisa didapatkan ketika sudah mencapai kondisi Unlock Bootloader.

Maka, silahkan lakukan Unlock Bootloader dulu jika belum, untuk tutorialnya, silahkan ikuti perintah dibawah ini :



Fastboot Driver


Selanjutnya, perlu kalian ketahui, bahwa pada metode ini kita akan melibatkan media pendukung lain, yaitu adalah Perangkat Komputer, dalam kasus ini kita akan menggunakan PC / Laptop dengan OS Windows.

Dalam metodenya sendiri, kita disini akan membutuhkan sebuah File khusus yang bernama Fastboot Driver, maka silahkan gunakan 1 dari beberapa Fastboot Driver yang sudah kami sediakan dibawah ini :


Setelahnya, langsung saja letakan / install Fastboot Driver tersebut ke PC / Laptop Windows yang kalian gunakan sekarang ini.


Redmi USB Driver


Karena disini kita menggunakan Perangkat Komputer, maka pastinya disini kita butuh sebuah Driver USB khususagar koneksi dari Redmi 8A yang kalian sambungkan dari Kabel USB bisa terbaca dengan baik pada OS Windows.

Sebenarnya, scene ini hanya bersifat optional saja, kalian bisa saja lanjut ke persyaratan berikutnya, hanya saja disini tetap kami sertakan, karena ada beberapa kondisi dimana koneksi dari Redmi 8A tersebut tidak bisa terbaca pada OS Windows.

Maka, untuk solusinya, kalian harus menginstall Redmi USB Driver tersebut pada OS Windows, selain itu lebih baik kalian Installkan saja, untuk berjaga-jaga, jika nanti mungkin akan terjadi sesuatu yang tidak terduga.



Fastboot Mode


Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, metode ini mengharuskan kalian untuk menggunakan kemampuan Fastboot untuk bisa menginstall TWRP pada Redmi 8A, maka dengan demikian disini kalian harus membuat Redmi 8A kalian masuk ke dalam Mode Fastboot.

TWRP Redmi 8A Olivelite, Install TWRP Redmi 8A, Pasang Redmi 8A, Download TWRP Redmi 8A Olivelite, Panduan TWRP Redmi 8A, Tutorial cara TWRP Redmi 8A, Unofficial TWRP Redmi 8A, TWRP Redmi 8A Bootloop, Solusi TWRP Redmi 8A Olivelite

Secara default, semua Smartphone Android dari Xiaomi ataupun Redmi itu memang memiliki Mode Fastboot yang bisa diakses kapan saja, sehingga dalam pemasangan TWRP ini, kalian harus membuat Redmi 8A masuk kedalam Mode Fastboot.

Jika, tidak tahu caranya, silahkan ikuti tutorialnya dibawah ini :



File TWRP


Inilah hal yang paling penting pada tutorial kita kali ini, yaitu adalah File TWRP yang akan menjadi bahan utama pada tutorial kali ini.

Silahkan Download File TWRP untuk Redmi 8A melalui Link Download dibawah ini :


Setelahnya, silahkan letakan didalam Folder Fastboot Driver dan Rename File TWRP yang sudah kalian Download tersebut, menjadi twrp.img seperti ini :

TWRP Redmi 8A Olivelite, Install TWRP Redmi 8A, Pasang Redmi 8A, Download TWRP Redmi 8A Olivelite, Panduan TWRP Redmi 8A, Tutorial cara TWRP Redmi 8A, Unofficial TWRP Redmi 8A, TWRP Redmi 8A Bootloop, Solusi TWRP Redmi 8A Olivelite

Lalu, untuk File VBMETA, juga silahkan letakan ditempat yang sama dengan File TWRP, dan ubah / rename menjadi vbmeta.img.

Perlu kalian ketahui, TWRP yang digunakan pada kesempatan kali ini adalah versi Unofficial dan sebenarnya, TWRP ini khusus dibuat untuk pengguna Redmi 8A dengan ROM MIUI 10 Global.

Tetapi, banyak dari pengguna Redmi 8A dengan ROM selain Global, seperti China dan India, tetap juga bisa berhasil menggunakan TWRP ini, maka bisa kita asumsikan, bahwa TWRP ini bisa berkerja di seluruh versi ROM Redmi 8A, termasuk ROM Redmi 8A Indonesia.

Selanjutnya, TWRP ini pada faktanya juga bisa dipasangkan di MIUI 11, karena pada dasarnya MIUI 10 dan MIUI 11 pada Redmi 8A itu sama saja, yaitu sama-sama masih menggunakan basis Android 9.0 Pie, sehingga jelas saja, TWRP ini tetap bisa digunakan selain pada versi MIUI 10.

Meski bersifat Unofficial, faktanya TWRP ini sudah Stable dan tidak memiliki Bugs yang berarti, sehingga akan sangat Powerful untuk digunakan secara normal seperti biasanya.

Jika, nantinya ada versi Official dari TWRP yang sudah rilis untuk seri Redmi 8A, maka akan kami Update secepatnya.


File DM-Verity (No-Verity Encrypt)


Selanjutnya, ada sebuah File yang teramat penting penggunaanya yang harus kalian pasangkan / flash setelah TWRP tersebut terpasang pada Redmi 8A tersebut.

Karena, biasanya setelah pemasangan TWRP, maka Smartphone Android Redmi 8A akan mengalami Bootloop, maka disinilah fungsi dari File DM-Verity tersebut, yaitu untuk menghindari atau mengatasi masalah Bootloop tersebut.

Sehingga, silahkan Download File DM-Verity dibawah ini dan langsung saja letakan pada Internal Storage Redmi 8A, pada tempat atau lokasi yang mudah untuk kalian temukan nantinya.



Kondisi Ideal dalam pemasangan TWRP


Ini adalah hal yang juga harus kalian perhatikan, jika ingin memasangkan TWRP pada Smartphone Android Redmi 8A yang kalian miliki, karena kondisi ini juga merupakan sebuah faktor krusial yang akan menentukan sukses atau tidaknya pemasangan TWRP tersebut pada Redmi 8A.

Maka, sebisa mungkin kalian harus bisa memenuhi, kondisi Ideal dibawah ini :


  1. Kapasitas Battery minimal 50%
  2. Menggunakan Kabel Data bawaan (OEM) atau yang kualitasnya baik
  3. Pastikan Port USB tidak gangguan
  4. Pastikan File TWRP yang didownload diatas tidak Corrupt
  5. Pastikan semua persyaratan diatas sudah kalian penuhi dan ikuti


Jika, kondisi Ideal diatas sudah dapat kalian penuhi, maka sekarang ini kalian sudah siap untuk bisa memasangkan TWRP pada Smartphone Android Redmi 8A.


Cara Pasang TWRP di Redmi 8A (Olivelite)


  1. Hubungkan Redmi 8A (Mode Fasboot) ke PC / Laptop Windows dengan Kabel USB.
  2. Setelahnya buka aplikasi Command Prompt (CMD) pada PC Windows dan lokasikan ke Folder Fastboot, silahkan itu cara dibawah ini untuk shortcut atau cara cepatnya :
  1. Selanjutnya, untuk menginstall TWRP silahkan masukan perintah ini pada jendela CMD :
fastboot flash recovery twrp.img
  1. Setelahnya masukan juga perintah ini :
fastboot flash vbmeta vbmeta.img 
  1. Jika, muncul Status Okay, maka kalian sudah berhasil untuk memasangkan TWRP pada Redmi 8A.
  2. Selanjutnya, silahkan masuk ke Mode TWRP dengan memasukan perintah ini :
fastboot boot twrp.img
  1. Secara otomatis Redmi 8A kalian akan reboot dan akan masuk ke Mode TWRP.
  2. Jika sudah masuk ke Mode TWRP, segera Flash File DM-Verity yang telah kalian Download sebelumnya.
  3. Setelah proses Flash File DM-Verity selesai, lakukan Reboot.
  4. Booting pertama biasanya cukup lama, bisa memakan waktu hingga 15 menit atau lebih.
  5. Done! selamat menikmati TWRP pada Redmi 8A


Cara lain?


Mungkin ada sebagian dari kalian yang akan menanyakan hal ini, maka sebaiknya kami jawab saja terlebih dahulu, apakah ada cara lain selain menggunakan metode diatas?

Sebenarnya ada dan masih ada beberapa metode lainnya, tetapi cara diatas yang kami jelaskan tersebut, ialah cara yang paling mudah untuk kalian lakukan atau kalian ikuti, meskipun kalian adalah pengguna baru atau awam.

Namun, kami juga akan bersikap wajar, jika pada kondisinya kalian tidak memiliki media pendukung seperti PC / Laptop, maka dengan demikian kalian bisa mencoba menggunakan metode Install TWRP lain yang bisa kalian pilih dan ikuti melalui beberapa panduan didalam halaman dibawah ini :


Namun, kami tegaskan sekali lagi, sebenarnya cara yang paling mudah untuk memasangkan TWRP Recovery pada Redmi 8A, memanglah dengan menggunakan cara yang sudah kami jelaskan diatas.

Tetapi, disini kalian masih tetap memiliki pilihan untuk bisa menggunakan opsi lainnya, dari halaman panduan yang telah kami bagikan diatas, intinya lakukan semuanya dengan teliti dan benar, karena masing-masing Cara Install TWRP itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, begitu pula dengan resikonya.

Dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita kali ini, kami harapkan kalian bisa berhasil dengan apa yang sudah kami jelaskan secara sederhana, melalui tulisan kami diatas.

Sebenarnya, kunci keberhasilan dari cara ini mudah saja, yaitu kalian bisa mengikuti Tutorial yang telah kami sampaikan dengan benar dan tepat, lalu kalian juga bisa mengikuti semua Kondisi Ideal yang telah kami sebutkan diatas.

Secara umum, memasang TWRP pada Redmi 8A itu tidak sulit untuk dilakukan, asalkan semua hal yang dibutuhkan bisa kalian penuhi.

Selain itu, artikel ini akan terus kami Update, agar para pengguna Redmi 8A bisa dengan mudah untuk mencari Resource TWRP yang bisa digunakan dan dipakai secara Stable di Smartphone Android terkait tersebut.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semoga apa yang kalian inginkan bisa tercapai dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot