RILIS ARTIKEL TERBARU :

Kumpulan Tutorial Tips Trick Redmi 8, Full List Guide Redmi 8, Tutorial Redmi 8, Panduan Redmi 8, Fastboot Redmi 8, Kumpulan Cara untuk Redmi 8, List Guide Olive, Fastboot Olive, USB Driver Redmi 8

Selain mengeluarkan seri lini terbaru pada variant Note, pihak Redmi yang merupakan sebuah Sub-Brand independen baru dari Xiaomi, juga turut mengeluarkan variant seri lini Redmi biasa pada tahun 2019.

Sama seperti seri Redmi Note tersebut, seri Redmi juga kedatangan 2 buah variant didalam serinya, yaitu adalah seri Reguler Redmi 8 yang akan menjadi pokok pembahasan kita kali ini dan satu lainnya adalah seri paling rendah dari variant Redmi Series tersebut, yaitu adalah Redmi 8A.

Seperti yang terlihat dan banyak dikatakan oleh para expert dibidang Smartphone Android, seri Smartphone Android Redmi 8 memang menjadi yang terbaik dikelasnya sekarang ini, dengan alasan spesifikasi dan desain yang dibawanya yang sangat sulit untuk dihadapi oleh kompetitor dikelas yang sama.

Redmi 8 memang dijual dengan harga yang sangat terjangkau, kurang dari 2 juta rupiah, kalian sudah bisa membawa salah satu Smartphone Android paling Best Value untuk kelas Entry-level yang ada sekarang ini.

Meski berada dikelas Entry-level, nyatanya Spesifikasi yang ditawarkan oleh Redmi 8 tersebut tidaklah main-main, seperti yang telah diketahui, Redmi 8 itu hadir dengan kemampuan Dual Kamera yang pandai dalam mengolah gambar bokeh, kemampuan CPU dan GPU yang lumayan, kapasitas RAM yang cukup lega.

Kapasitas Baterai yang sangat besar, ditunjang dengan teknologi Fast Charging, sudah menggunakan USB Type-C dan Redmi 8 memiliki Desain yang harusnya tidak pernah terlihat dikelas Entry-level sebelumnya.

Dengan semua hal tersebut, maka sangat wajar jika Redmi 8 tersebut sangat layak untuk dibeli, karena memang merupakan Smartphone Android paling sangar dikelasnya sekarang ini.

Jika kita melihat dari Produk kompetitor, maka Redmi 8 tersebut memang menang secara telak, terlebih lagi Redmi adalah sebuah Brand atau merek yang memang kredibel atau terpercaya, karena memang merupakan bagian dari Brand Xiaomi yang sudah sangat terkenal tersebut.

Menariknya, Redmi 8 tersebut tersedia dinegara kita ini secara resmi dan yang tidak kalah menarik lainnya, adalah bahwa pada Redmi 8 tersebut, sengaja disediakan oleh pihak Xiaomi untuk variant ROM MIUI versi Indonesia.

Dengan kondisi tersebut, jelas saja para pengguna Redmi 8 akan sangat diuntungkan, karena selain mendapatkan Smartphone Android bertenaga, keren dengan harga yang terjangkau, kalian juga akan mendapatkan Support secara resmi oleh pihak Xiaomi, melalui Brand Redmi tersebut.

Lalu, karena Redmi 8 masih merupakan kesatuan dari keluarga Brand Xiaomi, maka semua hal terkait masalah Maintenance, Fixing, Resourcing, Community dan lainnya bisa dengan mudah untuk kalian temukan.

Bagi kalian pengguna Redmi 8, kalian tidak perlu lagi kesulitan dalam mencari Resource dan Tutorial yang bisa kalian manfaatkan, karena disini akan kami sediakan semua hal tersebut secara lengkap, tujuannya agar kalian pengguna Redmi 8 bisa dengan mudah mencari hal yang ingin kalian lakukan.


Khusus pengguna Redmi 8 (Olive)


Tetapi, perlu kalian ingat! karena apa yang akan kami tulis dibawah ini, semuanya hanya dikhususkan untuk pengguna Redmi 8 dengan Codename Olive saja.

Seperti yang telah kami singgung diatas, seri Redmi 8 tersebut hadir dalam 2 buah jenis berbeda, yaitu adalah seri Reguler Redmi 8 dan seri Redmi 8A.

Nah, daftar List Tutorial dan Resource dibawah ini jelas saja tidak bisa digunakan untuk Redmi 8A, karena memang peruntukannya berbeda.

Hanya saja, mungkin ada beberapa tutorial dibawah ini yang mungkin saja berkerja untuk Redmi 8A, tetapi kami sama sekali tidak merekomendasikannya, karena memang terlalu berisiko.

Maka, pastikan disini Smartphone Android yang kalian gunakan adalah seri Redmi 8 (Olive) dan bukan Redmi 8A (Olivelite).

Kumpulan Tutorial Tips Trick Redmi 8, Full List Guide Redmi 8, Tutorial Redmi 8, Panduan Redmi 8, Fastboot Redmi 8, Kumpulan Cara untuk Redmi 8, List Guide Olive, Fastboot Olive, USB Driver Redmi 8

Jika, kalian bingung atau tidak merasa yakin dengan seri Redmi 8 yang kalian gunakan sekarang ini, maka silahkan lihat Perbandingan dan Perbedaan Redmi 8 vs Redmi 8A dibawah ini, agar semuanya menjadi meyakinkan dan jelas.


Setelah kalian yakin bahwa Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang ini adalah Redmi 8 (Olive), maka semua Resource, Informasi dan Tutorial dibawah ini, khusus untuk kalian semua para pengguna Redmi 8.


Unlock Bootloader Redmi 8


Ini adalah referensi umum yang paling banyak dicari oleh para pengguna Smartphone Android Redmi 8, karena memang sejatinya Redmi 8 itu secara default dijual dalam kondisi Locked Bootloader.

Sehingga, untuk bisa mendapatkan kondisi Unlock Bootloader tersebut, kalian harus melakukannya secara manual, dengan cara yang sudah direkomendasikan oleh pihak Xiaomi / Redmi secara resmi.

Jika, kalian membutuhkan referensi terkait Tutorial Cara Unlock Bootloader Redmi 8 (Olive) tersebut, maka silahkan ikuti tutorialnya pada halaman yang sudah kami buat dibawah ini :


Pada artikel diatas, juga sudah kami sertakan pengetahuan dasar terkait masalah Unlock Bootloader (UBL) tersebut, yang akan sangat berguna bagi para pengguna yang masih awam terkait hal teknis tersebut.


TWRP Redmi 8


Nah, selanjutnya hal yang biasa dicari oleh para pengguna Smartphone Android Redmi 8, setelah melakukan Unlock Bootloader dari cara diatas, ialah mencari Informasi dan Referensi terkait kemungkinan penggunaan Custom Recovery pada Redmi 8 tersebut.

Custom Recovery yang kami maksud disini adalah TWRP, karena jenis Custom Recovery inilah yang memang paling populer dan paling bisa diandalak untuk beragam tujuan.

Jika, kalian ingin memasangkan TWRP pada Redmi 8 (Olive) silahkan ikuti tutorial dibawah ini :


Kalian tidak perlu khwatir, karena TWRP yang kami bagikan pada halaman tersebut itu sudah Stable dan sudah bisa digunakan secara normal, tanpa adanya Bugs yang berarti, sehingga langsung saja, di Implementasikan, jika memang kalian perlu terkait penggunaan TWRP tersebut.


ROOT Redmi 8


Selanjutnya, Informasi yang paling banyak dicari dan dibutuhkan oleh para pengguna Smartphone Android Redmi 8 adalah terkait masalah metode ROOT, apakah bisa dilakukan pada Smartphone Android Redmi 8 atau tidak?

Maka, disini kami akan konfirmasi, bahwa kalian bisa melakukan ROOT pada Redmi 8, dengan cara mengikuti Tutorial Cara ROOT Redmi 8 (Olive) pada halaman tutorial yang sudah kami bahas lengkap dibawah ini :


Cara ROOT diatas menggunakan metode Magisk ROOT dengan bantuan dari TWRP Recovery, jadi pastikan kalian mengikuti tutorial diatas sebaik dan sebenar mungkin, agar proses ROOT tersebut bisa berhasil.

Selanjutnya, dari halaman yang telah kami bagikan itu juga, kami sudah berikan sedikit pengetahuan tentang apa itu ROOT dan juga solusi terkait dalam beberapa masalah yang mungkin akan terjadi nantinya.


Flash / Fastboot Redmi 8


Pada faktanya, Redmi 8 itu juga merupakan sebuah Smartphone Android yang sangat rentan terkena beragam masalah yang umum terjadi pada Smartphone Android kebanyakan, maka dengan demikian disini kami telah buatkan juga referensi untuk mengatasi masalah-masalah yang muncul tersebut.

Yaitu adalah dengan melakukan Flash / Fastboot pada Redmi 8 tersebut, cara ini memang cukup rumit untuk diikuti, sehingga perlu kehati-hatian dalam proses Flashingnya.

Jika, kalian membutuhkan referensi terkait metode Flash / Fastboot Redmi 8 (Olive) tersebut, silahkan ikuti panduan Tutorial Flash-nya pada halaman dibawah ini :


Untuk hasilnya, sudah kami jamin aman dan sukses, karena dasar kami membuat referensi diatas, ialah berdasarkan pada referensi yang sudah di rekomendiasikan secara resmi oleh pihak Xiaomi / Redmi.

Selanjutnya, pada metodenya pun kita juga akan menggunakan Firmware dan Tool Flash resmi dari pihak Xiaomi / Redmi, sehingga kalian tidak perlu ragu untuk melakukan Flash tersebut, hanya saja asal syarat dan ketentuannya sudah kalian penuhi.


Tempat Download ROM dan Firmware resmi Redmi 8


Selanjutnya, disini kami juga akan memberitahukan kepada kalian, dimana kalian bisa mendapatkan resource dari ROM MIUI dan Fastboot ROM yang didistribusikan secara resmi oleh pihak Xiaomi.

Resource ini mungkin akan sangat kalian perlukan nantinya, jadi silahkan bookmark artikel ini, agar saat dibutuhkan nanti, kalian bisa dengan mudah untuk mencarinya.

Untuk tempat Download ROM MIUI Resmi untuk Redmi 8 (Olive), kalian bisa mengakses halaman dibawah ini :


Selanjutnya, untuk Fastboot ROM Redmi 8 versi resmi dari Xiaomi / Redmi, kalian bisa mencarinya dari halaman dibawah ini :


Disini kami hanya mengingatkan sekali lagi, karena size dari ROM dan Fastboot ROM Redmi 8 itu besar, pastikan ketika kalian sedang mendownload File ROM ataupun Fastboot ROM tersebut, tidak terjadi Corrupt pada File bersangkutan.

Karena akan sangat berbahaya untuk dipasangkan nantinya, jadi pastikan kalian cek dulu setelah selesai kalian download, apakah Corrupt atau tidak, jika Corrupt silahkan Download ulang File bersangkutan, hingga tidak Corrupt lagi.


Trick Download ROM & Fastboot ROM yang tidak bisa dengan IDM


Sebagian dari kalian, pasti akan melakukan Download ROM & Fastboot ROM Redmi 8 tersebut dengan menggunakan IDM, bukan? terlebih jika kalian menggunakan Perangkat Komputer saat melakukan Download File ROM dan Firmware tersebut.

Hanya, saja sekarang ini ada terdapat kendala, yaitu ROM & Fastboot ROM Redmi 8, tidak bisa di Download dengan menggunakan IDM dan hanya bisa di Download dengan menggunakan Tool Download bawaan aplikasi Browser saja.

Lebih parahnya, kalian baru bisa melakukan Download tersebut, jika sudah menggunakan VPNtenang saja, kami punya solusi untuk hal ini.

Silahkan kalian ikuti Tutorial dibawah ini, agar bisa melakukan Download ROM & Fastboot ROM untuk Redmi 8 dengan menggunakan IDM.



Custom ROM & Kernel Redmi 8


Selanjutnya, jika kalian ingin memasangkan Custom ROM atau Custom Kernel pada Smartphone Android Redmi 8 yang kalian miliki, maka kalian bisa melakukannya dengan mudah dengan referensi yang sudah kami sediakan dibawah ini.

Hal pertama yang kalian butuhkan adalah yaitu mencari File Custom ROM dan Custom Kernel terkait, yang akan kalian pasangkan pada Redmi 8.

Maka, untuk bisa mendapatkan resource yang kalian butuhkan, kalian harus masuk ke Forum pengembangan Smartphone Android Redmi 8 tersebut, karena disanalah tempatnya Custom ROM dan Custom Kernel untuk Redmi 8 berada.

Silahkan, akses Forum Komunitas Redmi 8 dibawah ini, untuk mendapatkan resource yang kalian butuhkan.


Setelahnya, jika kalian ingin memasangkan Custom ROM pada Redmi 8 tersebut, maka kalian bisa mengikuti referensi dibawah ini :


Selanjutnya, jika kalian ingin memasangkan Custom Kernel pada Redmi 8 yang kalian gunakan sekarang, maka kalian bisa melakukannya dengan tutorial yang sudah kami tulis dibawah ini :


Pastikan, kalian menggunakan Custom ROM atau Custom Kernel yang sudah Stable, karena biasanya menggunakan Custom ROM & Kernel yang masih versi belum Stable, akan memunculkan banyak Bugs yang bisa jadi akan menimbulkan masalah yang serius nantinya.


Cara Masuk & Keluar Fastboot Mode Redmi 8


Selanjutnya, disini kami juga akan menjelaskan terkait fitur yang sangat penting yang harus kalian ketahui fungsinya, yaitu adalah Fastboot Mode.

Secara umum, semua Smartphone Android itu memiliki Mode Fastboot-nya masing-masing, karena Fastboot sendiri memang merupakan fitur default yang sudah ada di OS Android sejak lama.

Seperti namanya sendiri, Fastboot Mode pada Redmi 8 tersebut, sangat berguna untuk melanjalankan fungsi Fastboot dari media Komputer Windows, karena jika Redmi 8 tidak masuk ke Mode Fastboot ketika kalian hubungkan ke PC / Laptop Windows dengan Kabel USB.

Maka, sudah pasti kalian tidak akan bisa menggunakan kemampuan dari Fitur Fastboot tersebut, maka silahkan pelajari dulu cara masuk dan keluar dari Fastboot Mode yang ada pada Redmi 8 tersebut.


Cara Masuk ke Fastboot Mode Redmi 8


  1. Matikan Smartphone Android Redmi 8 (Power Off).
  2. Setelahnya, tekan Tombol Volume Down (-) dan Power bersamaan, hingga muncul tampilan yang bertuliskan Fastboot.
  3. Done!


Cara Keluar dari Fastboot Mode Redmi 8


  1. Tekan dan Tahan Tombol Power selama beberapa detik.
  2. Setelahnya Redmi 8 akan secara otomatis Shutdown / Reboot ke Normal Mode lagi.
  3. Done!


Jika, kalian adalah pengguna Redmi 8 baru dan masih awam terkait masalah Fastboot Mode pada Redmi 8 tersebut, lebih baik kalian pahami dulu Informasinya secara detail pada halaman dibawah ini :


Setelah, kalian sudah mengerti terkait permasalahan dan keuntungan dari Fastboot Mode yang ada pada Redmi 8 tersebut, setelahnya maka kalian bisa dengan mudah mengambil manfaat dari fitur Fastboot tersebut.


Cara Masuk ke Mode Mi Recovery & TWRP


Kami, disini juga akan memberitahukan kepada kalian terkait cara mengakses ke Menu Mi Recovery ataupun Mode Custom Recovery seperti TWRP.

Hal pertama yang harus kalian ketahui adalah kalian baru bisa mengakses Mi Recovery ketika Smartphone Android Redmi 8 yang kalian miliki sudah dalam kondisi Unlock Bootloader, selanjutnya untuk bisa masuk ke Mode TWRP.

Maka, pastikan TWRP sudah terpasang pada Redmi 8 yang kalian gunakan sekarang, caranya seperti yang sudah kami bagikan diatas.

Selanjutnya, agar bisa masuk atau mengakses Mode MI Recovery dan TWRP tersebut, kalian bisa menggunakan cara dibawah ini :


  1. Matikan (Power Off) Smartphone Android Redmi 8.
  2. Setelahnya, Tekan Tombol Volume Up (+) bersamaan dengan Tombol Power, tahan hingga masuk ke Mode Mi Recovery atau Mode TWRP.
  3. Done!


Untuk keluar dari Mode Mi Recovery atau Mode TWRP tersebut, kalian hanya perlu memilih opsi Reboot pada masing-masing Mode Recovery terkait, karena opsi ini sudah ada secara default untuk bisa kalian gunakan kapanpun.


USB Driver Redmi 8


Jika, kalian butuh resource USB Driver untuk Redmi 8, disini kami punya referensinya untuk kalian, kebutuhan USB Driver ini memang menjadi sangat mendesak diperlukan, ketika Smartphone Android Redmi 8 kalian tidak bisa terbaca atau terkoneksi ke PC / Laptop OS Windows yang kalian gunakan.

Maka, saat inilah kalian perlu USB Driver untuk Redmi 8 tersebut, disini kami akan bagikan USB Driver Universal untuk semua Smartphone Android Xiaomi ataupun Redmi, maka dalam artiannya Redmi 8 juga bisa menggunakan USB Driver tersebut.

Silahkan Download USB Driver untuk Redmi 8, melalui halaman dibawah ini :


Selanjutnya, karean disini Smartphone Android Redmi 8 menggunakan Processor dari Qualcomm Snapdragon, maka kalian tentunya juga perlu menginstall USB Driver Qualcomm di PC / Laptop Windows yang kalian gunakan sekarang.

Tujuan utamanya, agar Smartphone Android Redmi 8, bisa terkoneksi ke aplikasi khusus untuk tindakan Advanced seperti Debugging ataupun Flashing, silahkan Download Qualcomm USB Driver untuk Redmi 8 pada halaman dibawah ini :


Kalian, tidak perlu bingung, karena kami sudah sertakan semua intruksinya dengan lengkap pada masing-masing halaman USB Driver yang sudah kami bagikan diatas.


ABD & Fastboot Driver Redmi 8


Jika, kalian membutuhkan ADB dan Fastboot Driver untuk Smartphone Android Redmi 8, disini kami punya resourcenya, yang bisa kalian Download dan pakai kapanpun kalian mau.

Silahkan Download salah satu ABD dan Fastboot Driver koleksi kami dibawah ini :


Dengan demikian, selesai sudah pembahasan yang kami bawa pada artikel kali ini, kami disini memang berupaya untuk membuat sebuah artikel Referensi dan Resource untuk Redmi 8 dengan sebaik mungkin, berdasarkan referensi dan resource yang dapat dipercaya.

Sehingga, semua yang sudah kami tulis diatas bisa kami pertanggung jawabkan keberhasilan dan keamanannya.

Kami menyadari, mungkin Daftar List Redmi 8 yang sudah kami kumpulkan diatas belum terlalu lengkap, tetapi seiring berjalannya waktu, artikel ini akan terus kami update, agar para pengguna Redmi 8 tersebut, tidak kesulitan untuk mencari hal yang dibutuhkan.

Jika, kalian memang mengikuti salah satu atau beberapa Tutorial yang sudah kami gambarkan diatas, maka kalian tidak perlu ragu untuk mengikutinya, karena apa yang kami tulis diatas, sudah bisa dibuktikan kebenarannya.

Karena disini, kami bukan hanya membuat artikel untuk menjadi keuntungan pribadi saja, melainkan lebih dari itu, kami ingin apa yang kami kerjakan, bisa bermanfaat untuk orang banyak, karena itulah moto kami dalam berkerja.

Jika kalian masih ragu dengan kumpulan hal yang sudah kami tulis diatas, itu adalah hak kalian dan silahkan kalian buktikan sendiri.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semua hal yang kalian inginkan bisa terpenuhi dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot