RILIS ARTIKEL TERBARU :

Cara atasi ADB Error: No Devices/Emulators Found

ADB Error: No Devices/Emulators Found, ADB muncul Error: No Devices/Emulators Found, ADB Driver Error: No Devices/Emulators Found, Error: No Devices/Emulators Found, Solving Error: No Devices/Emulators Found, Cara atasi ADB Error: No Devices/Emulators Found, Solusi Error: No Devices/Emulators Found ADB, Tutorial ADB Error: No Devices/Emulators Found, How to Addressing Error: No Devices/Emulators Found, ADB muncul Error: No Devices/Emulators Found, Kenapa ADB Error: No Devices/Emulators Found

OS Android memang menjadi OS paling banyak di gunakan saat ini, mengapa tidak? sudah tidak terhitung banyaknya lagi Brand atau Merek Smartphone mengadopsi OS satu ini, karena sifatnya yang Open Source menjadikan OS Android ini menjadi berbeda dari satu Smartphone Android dengan Smartphone Android lainnya.

Karena, hampir setiap Produsen Smartphone bisa itu lokal maupun Brand kawakan, pasti paling tidak membawa satu atau lebih Inovasi berupa fitur yang tidak bisa di temukan pada jenis Smartphone Android lain.

Maka, tidak heran jika OS Android tersebut masih bisa bertaji dan kuat hingga sekarang, disamping itu dukungan dari Komunitas OS Android tersebut juga kian tumbuh membesar setiap harinya, sebagai buktinya hampir setiap seri Smartphone Android dari berbagai merek paling tidak punya satu Grup Diskusi terkait apapun tentang Sistem Operasi yang di gunakan Smartphone Android tersebut.

Sehingga disini akan ada yang namanya Custom ROM, Custom Kernel, Custom TWRP, ROOT, Firmware, beragam Metode dan Mod, hingga hal lainnya, maka sebenarnya pada kasus ini bukan hanya pihak OEM saja yang bisa melakukan sesuatu terhadap OS Android tersebut.

Melainkan User dari Smartphone Android juga bisa melakukan Modifikasi atau perubahan baik itu dalam skala kecil seperti Mod atau skala yang lebih besar seperti Custom ROM dan hal terkait System lainnya.

Karena pada faktanya, siapa saja bisa melakukan hal tersebut asalkan tahu ilmunya, selain itu semua User Smartphone Android juga bisa melakukan Debug atau Development, karena di setiap Smartphone Android itu pasti di bekali dengan fitur ABD.


Android Debug Bridge (ADB)


ADB sendiri adalah sebuah fitur ekslusif dari OS Android dan selalu ada pada OS Android, maka seperti yang sudah kami singgung diatas, mau itu versi Android berapapun, mau itu datang dari Brand Lokal ataupun International, mau Smartphone Android berspesifikasi kentang dan bahkan sultan, semuanya pasti bisa menikmati fitur ADB pada OS Android.

ADB sendiri adalah singkatan dari Android Debug Bridge yang mempunyai fungsi sangat besar untuk kegiatan Development dari berbagai lini, seperti System, Android APK dan lainnya.

Selain itu, melalui ABD kalian juga bisa melakukan perintah ke System OS Android secara Remotely dengan perintah khusus yang telah di buat, seperti mengakses Direktori ROOT, menghapus Aplikasi System, mengubah String Value dan bahkan bisa di gunakan untuk berganti Mode, seperti ingin berganti dari Normal Mode ke Bootloader Mode (Fastboot).

Semua hal tersebut sangat mungkin di lakukan dengan fitur ADB tersebut, hal yang lebih hebat lagi adalah kalian bisa melakukan Upgrade versi ROM hanya dengan satu perintah saja dan semuanya akan otomatis di lakukan secara Remotely.

Maka, dari gambaran diatas, harusnya kalian sudah tahu bahwa dalam penggunaannya, ADB ini membutuhkan Media pihak ke-3 yang dalam kasus ini adalah sebuah Perangkat Komputer (Pada sksu ini akan merujuk kepada OS Windows) yang nantinya akan di jempatani oleh Kabel USB sebagai media penghubungnya.


Masalah ADB Error: No Devices/Emulators Found


Ternyata, fungsi ADB di OS Windows tidak selalu bisa berjalan mulus, sama seperti perangkat lunak lainnya, ternyata ADB ini juga bisa memunculkan Error dengan kondisi yang memang agak membingungkan.

Seperti yang akan kita bahas kali ini, yaitu adalah masalah ADB Error: No Devices/Emulators Found atau bisa kita artikan ADB ini tidak bisa menemukan atau menangkap Koneksi dari Smartphone Android yang telah kalian hubungkan ke OS Windows melalui Kabel USB.

ADB Error: No Devices/Emulators Found, ADB muncul Error: No Devices/Emulators Found, ADB Driver Error: No Devices/Emulators Found, Error: No Devices/Emulators Found, Solving Error: No Devices/Emulators Found, Cara atasi ADB Error: No Devices/Emulators Found, Solusi Error: No Devices/Emulators Found ADB, Tutorial ADB Error: No Devices/Emulators Found, How to Addressing Error: No Devices/Emulators Found, ADB muncul Error: No Devices/Emulators Found, Kenapa ADB Error: No Devices/Emulators Found

Tetapi, bukan berarti masalah ini tidak bisa di selesaikan, karena semua masalah pasti ada solusinya, karena solusinya ada banyak, maka silahkan ikuti saja semua solusi yang kami sebutkan pada artikel ini.


Cara atasi ADB Error: No Devices/Emulators Found


Seperti yang sudah kami singgung diatas, solusi dari masalah ini ada banyak, karena biang masalahnya pun juga beragam, maka dari itu silahkan coba saja beberapa solusi di bawah ini, karena solusi-solusi yang kami tuliskan di bawah ini dipastikan akan bisa berhasil untuk mengatasi masalah tersebut.

Baiklah, kami akan mulai secara beruntut dari penyebab masalah yang paling sering terjadi, beserta dengan solusinya.


Install Android USB Driver


Masalah ini adalah penyebab paling sering kenapa bisa ADB ini memunculkan pesan Error seperti No Devices/Emulators Found, maka sebenarnya pokok masalahnya itu jelas saja, yaitu karena Smartphone Android kalian tidak bisa terhubung ke PC Windows, benar bukan?

Maka, jika tidak bisa terhubung apa masalahnya? sebagian besarnya pasti karena masalah USB Driver, maka untuk bisa mengatasi masalah ini langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan menginstall Android USB Driver ke OS Windows yang kalian gunakan.

Tujuannya sudah jelas, agar OS Windows bisa membaca Koneksi yang telah kalian lakukan dengan Kabel USB, hal tersebut bisa di lakukan Karena Driver pengenal sudah ada di OS Windows, maka silahkan Install Android USB Driver, jika tidak punya silahkan Download pada halaman di bawah ini :


Jangan khwatir untuk Cara Install-nya, karena sudah kami sertakan sangat lengkap di dalam halaman artikel yang kami bagikan diatas.


USB Debugging


Selanjutnya hal ini juga biasanya menjadi masalah utama, kenapa Error ini bisa muncul, yaitu adalah karena persyaratan terkait tata cara penggunaan utama fitur ADB ini tidak terpenuhi, yaitu adalah aktifnya Opsi USB Debugging pada OS Android di Smartphone Android kalian.

Karena fitur USB Debugging ini adalah fitur yang harus aktif jika kalian ingin menggunakan ABD, alasannya sederhana saja, karena fitur ini adalah sebuah Opsi untuk mengijinkan Source ke-3 seperti PC Windows agar bisa mengakses System ke pernangkat Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang.

Tanpa aktifknya fitur ini, maka sudah jelas ADB tidak akan bisa menemukan Smartphone Android yang telah terkoneksi, walau sudah kalian hubungkan ke PC Windows dengan Kabel USB dan walau kalian sudah menggunakan fitur MTP.

Maka, silahkan aktifkan dulu fitur USB Debugging tersebut, jika kalian tidak tahu caranya silahkan ikuti panduannya di bawah ini :



Gunakan ROM / Firmware versi Stable


Selanjutnya masalah ini juga kerap muncul pada pengguna Custom ROM, alasannya sederhana saja, karena Custom ROM itu bisa di buat oleh para Developers Amatiran, maka tidak menutup kemungkinan System di dalamnya Belum Stable.

Alhasil satu atau beberapa fungsi gagal untuk beroperasi, jika fungsi MTP / Mass Storage tidak berfungsi karena Bugs, maka sudah jelas kalian tidak akan bisa menggunakan ADB dan pasti akan memunculkan pesan ADB Error: No Devices/Emulators Found.

Hal tersebut terjadi, karena pada dasarnya System Custom ROM yang kalian gunakan memang sedang bermasalah terkait pada fungsi Koneksi via USB.

Lalu, penggunaan Firmware yang masih Experimental / Developer Version juga bisa mengakibatkan masalah ini muncul, alasannya sama saja, karena System belum Stabil.

Maka, jika kalian pengguna Custom ROM atau kalian sendang menggunakan Firmware hasil uji coba, maka kalian harus curiga masalah ini bisa muncul akibat penggunaan hal tersebut.

Maka alangkah lebih baiknya, jika kalian menggunakan Custom ROM / Firmware yang sudah terbukti Stable dan tidak punya Bugs yang berdasarkan dari Testimoni para user yang lain.


Cek Kabel USB dan Port USB


Hal ini juga tidak kalah penting untuk menjadi perhatian kalian, karena jika Kabel USB atau Port USB di Komputer / Laptop kalian bermasalah, maka sampai kapanpun kalian tidak akan bisa melakukan Koneksi ke fungsi ABD.

Karena ini sudah menyangkut masalah Hardware, maka pastikan sebelum kalian menggunakan fitur ABD tersebut, Kabel USB dan Port USB sudah di pastikan bisa berfungsi secara benar.

Karena biasanya jika Kabel USB sudah mulai Sobek, Lemah pada bagian pangkalnya atau Konektornya sudah mulai karatan, maka Kabel USB tersebut sudah tidak bisa lagi dianggap bagus.

Selanjutnya hal ini juga berlaku kepada Port USB, jika sudah Karatan dan sering sekali memunculkan masalah Disconnect, maka Port USB tersebut juga tidak bisa di bilang baik, maka perhatikan hal ini dengan benar.


Error di OS Windows


Seperti yang sudah kami singgung, karena ADB ini menggunakan Komputer / Laptop sebagai Media kerja utamanya, maka bisa jadi Error: No Devices/Emulators Found pada ADB disebabkan oleh OS Windows itu sendiri.

OS Windows sendiri memang bukanlah sebuah OS yang sempurna, karena sering kali memunculkan beragam Error dengan Timming yang Random, OS Windows bisa memunculkan lebih banyak Error di rentang waktu pemakain yang sudah lama dan tidak pernah di bersihkan file sampahnya atau di lakukan Install Ulang.

Maka, masalah Error: No Devices/Emulators Found ini tidak menutup kemungkinan bisa disebabkan oleh OS Windows itu sendiri, jika semua cara diatas sudah kalian coba dan masih saja tidak bisa diatasi, maka kalian patut curiga dengan OS Windows yang kalian gunakan sekarang.

Solusi terbaik dari masalah ini memang hanya dengan melakukan Install Ulang OS Windows baru atau kalian bisa mengerjakan fungsi ADB ini pada Komputer Windows lain.


Masukan Perintah agar ADB melakukan List Devices


Cara ini sudah terkait dengan metode Teknis penggunaan ABD, karena pada dasarnya setiap kalian kalian menggunakan ADB, maka kalian harus memasukan perintah agar ADB bisa membaca Koneksi dari Smartphone Android kalian.

Langkah ini juga bisa di lakukan untuk melihat apakah Smartphone Android kalian bisa terhubung dengan baik atau tidak, karena nantinya akan ada indikator, yang akan mengatakan bahwa Koneksi kalian terhubung atau tidak.

Untuk melakukan Perintah Koneksi ke ADB, kalian bisa memasukan perintah ini :

  • adb devices


Gunakan ADB Driver versi Terbaru


Masalah ini memang jarang terjadi, tetapi paling tidak patut untuk kalian coba, karena pada dasarnya, sebaik-baiknya ADB Driver yaitu adalah ADB Driver versi Terbaru.

Mungkin saja pada saat Error ini muncul, kalian menggunakan versi ADB Driver usang atau lawas, maka silahkan coba peruntungan kalian untuk memperbaiki masalah tersebut dengan menggunakan ADB Driver versi Terbaru.

Disini, kami memiliki beberapa jenis ADB Driver (+ Fastboot Driver) yang bisa kalian gunakan, semuanya sudah berada pada versi paling terbaru, silahkan pilih satu dari sekian ADB Driver koleksi kami di bawah ini :



Nah, itulah beberapa solusi dan masalah yang kami tahu terkait penyelesaian terhadap masalah Error: No Devices/Emulators Found pada fungsi ADB, harusnya satu atau beberapa solusi diatas pasti bisa diandalkan untuk mengatasi masalah tersebut.

Umumnya, masalah seperti ini hampir 90% nya disebabkan oleh hal yang sudah kami sebutkan diatas, maka sangat bijaksana jika kalian mencoba semua solusi diatas.

Jujur saja kami sendiri pun juga sering mengalami masalah serupa, tetapi biasanya kami hanya cukup menginstall Android USB Driver atau mencoba menggunakan Perangkat Komputer dengan OS Windows lain, maka masalah ini bisa dengan mudah terselesaikan.

Jika, memang masalahnya datang dari OS Windows yang kalian gunakan, maka ada baiknya kalian melakukan Install Ulang OS Windows dan pastikan OS Windows yang kalian gunakan sudah minim Bugs dan bisa berjalan 100% mau itu dari segi Aspek Fungsi dan Performance, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian. P.AW ~ DRD

KEMBALI KE ATAS

bm

Android, Hardware, Software, Tips, Tricks, Gadget, ROOT, Smartphone, Unlock Bootloader, Tutorial, Operating System, Troubleshoot